Untuk pengguna Avast Antivirus, harap matikan dahulu untuk mengakses web ini. Terima Kasih

Kamis, 22 September 2011

Aurora :D


Mungkin kata kata aurora udah ga aneh lagi di telinga temen temen semua..
Tapi apakah temen temen tau apa itu aurora? Bagaimana bentuknya? Terus darimana asalnya? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang lainnya..
Kalau gitu, yuk kita cari jawabannya! :D

Apa itu aurora? Aurora merupakan fenomena pancaran cahaya yang berpendar seolah “menyala-nyala” yang ada pada lapisan ionosfer dari sebuah planet (contohnya bumi) sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari.
Aurora itu seperti pertunjukka cahaya yang sangat memukau di langit. Aurora itu berupa tabir pita dan sinar yang memijar panjang , gemerlap bentuknya seperti ombak dalam sejumlah warna yang sangat indah. Tapi intensitas cahaya aurora berbedabeda. Di saat saat yang peling cemerlang, auorora bisa memperlihatkan warnanya yang paling dramatis dan indah.
Cahaya aurora pernah dianggap sebagai cahaya matahari yang dipantulkan oleh kristal es di langit. Tapi pada tahun 1888 andreas jonas Ångström menujukkan bahwa cahaya aurora berbeda dari cahaya matahari.

Dimana saja aurora bisa terjadi? Aurora bisa terjadi tidak diseluruh bagian bumi. Aurora terjadi di daerah di sekitar kutub utara daan kutub selatan magnetik bumi. Aurora sering terlihat di kutub tetapi tidak terlihat di daerah khatulistiwa seperti indonesia. Sehingga kita tidak banyak mengenal aurora ini.
Ketika terjadi gempa, banyak yang juga mengukur adanya perubahan elektromagnetik bumi. Perubahan ini yg membentuk atau menimbulkan perubahan sifat eletromagnetik sesaat. Nah, yang terlihat ketika terjadi tsunami yang disebabkan oleh sebuah gempa yang sangat kuat ini, mungkin sekali diikuti dengan munculnya aurora. Kita yg berada di khatulistiwa tentunya jarang sekali melihat aurora ini. Karena jarang terjadi perubahan perilaku eletromagnetic di daerah khatulistiwa.

Ada berapa macam aurora? Aurora itu terbagi atas 2 macam, yaitu: aurora borealis dan aurora australis. Aurora borealis yaitu aurora yang terjadi di bagian daerah sebelah utara. Aurora borealis selalu terjadi diantara september, oktober, maret dan april. Sedangkan aurora yang terjadi di selatan disebut aurora australis. Kadang-kadang aurora ini muncul di puncak gunung di iklim tropis.
buat kita yang belum pernah liat aurora secara langsung, mengkin agak sulit juga untuk membayangkan bagaimana itu aurora, untuk bayangannya, kita lihat gambarnya saja dulu :))



Ini dia gambarnya..
Hemmmm.. indahnya :)
Subhanalloh sekali yaaa :)

Mungkin, itu saja yang bisa saya jelaskan..
Walaupun sangat sedikit, tapi mudah-mudahan bermanfaat ya temen-temen !

Thanks for reading :D
ichaaa Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

2 komentar: