Untuk pengguna Avast Antivirus, harap matikan dahulu untuk mengakses web ini. Terima Kasih

Minggu, 30 Oktober 2011

TORSI FISIKA 2011


Assalamu’alaikum wr. Wb.

Untuk postingan yang ini, kita bahas tentang TORSI yuuuu..
Temen-temen ada yang tau kepanjangan dari torsi apa? Yang tau cunggggg.. hihihi
Tapi torsi yang disini bukan torsi yang momen gaya itu loh. Torsi disini adalah kepanjangan dari Ta’aruf dan orientasi fisika.. hehehe
Wah kayanya temen-temen pada ketipu ni yah 

Tapi penasarankan?? Yu kita mari baca terus apa yang aku tulis..
Eit sebelumnya jangan lupa, kita awalin sama bismillah dulu yahhh (bismillahirrohmaanirrohimmm )


TORSI ini merupakan nama ospek jurusan anak-anak fisika tahun 2011. Ospek jurusan fisika ini nih salah satu acara besar yang pasti ada tiap tahun, dan yang ngadain acaranya adalah HIMASAIFI, khususnya departemen PAO alias pengembangan aparatur organisasi. Ospek jurusan ini diadakan untuk mengenalkan mahasiswa baru fisika tentang jurusan fisika dan tentang keorganisasian himpunan mahasiswa fisikanya, selain itu dari acara ini akan erbentuk keakraban antara kaka kelas sama ade kelas, asal jangan dijadiin ajang cari jodoh aja..hehehe. Dan buat temen-temen fisika yang udah ikut ospek jurusan, secara otomatis menjadi anggota HIMASAIFI . Syarat biar bisa jadi pengurus HIMASAIFI kan jadi anggotanya dulu, dengan begitu ini bisa jadi tiket buat temen-temen buat jadi pengurus HIMASAIFI, dan ikut berpartisipasi memajukan HIMASAIFI. Semangat! :D

HIMASAIFI alhamdulillah yah udah 3 kali ngadain ospek jurusan. Yang pertama itu namanya OHM alias Orientasi Himpunan Mahasiswa fisika, OHM ini diadainnya pas tahun 2009, terus setelah itu ada OSILASI alias Orientasi dan Pengenalan Fisika, dan tentu diadainnya pasti tahun selanjutnya, yup! Tahun 2010, dan untuk tahun 2011 ini ada TORSI . Dan Alhamdulillah yah semuanya berjalan dengan lancar . Dan mudah-mudahan ospek jurusan untuk tahun-tahun kedepannya juga lancar dan lebih asikkkkk. Amiiiiiinnnn ya Rabb 

TORSI ini alhamdulillah sudah terlaksana pada tanggal 9 oktober 2011 (indoor) dan15-16 oktober 2011 (outdoor). Untuk acara indoornya, kita ngadain di kampus kita tercinta, tepatnya di gedung Y lantai 1.. hehehe (jelas amat :P). Dan untuk acara outdoornya kita ngadain di kiara payung, jatinangor. Kita nginep 2 hari 1 malem disana.. alhamdulillah yah sesuatu banget XD

Untuk indoor, acara kita ada pengisian materi tentang leadership, komunikasi, dan juga ada training motivasi dari motivator yang super handal.hehehe
Dan sekarang kita bahas tentang outdoor. Acara outdoor nih yang rame dan biasanya yang paling berkesan. Di acara ini (ringkasnya) ada kreasi seni, outbond, api unggun, jurit malam, materi dan simulasi sidang. Dan semua acara ini asik banget mamennnnnn, sesuatu bangetlah pokoknya mah... hahahaha (puas amat ketawanya :P). Semua acaranya berkesan banget.. betul ga brew??hihihi

Oh iya, di acara ini ada panitia “TER” award..hihihi.. ga ngerti kan maksudnya apa itu panitia “TER” award? Kita liat aja..
1. Panitia “TER”menarik dinobatkan kepada.... (deng deng deng....) : IMAM TAUFIK
2. Panitia “TER”baik dinobatkan kepada : NASRI NASRIAH
3. Panitia “TER”jutek dinobatkan kepada : DAYUANA PRATIWI
4. Panitia “TER”geje alias ga jelas dinobatkan kepada : RONI PERMANA
5. Panitia “TER”cantik dinobatkan kepada : NINA YUNIA HASANAH
6. Panitia “TER”nyebelin dinobatkan kepada : RONI PERMANA

Congratulation (untuk yang ga bisa bahasa inggris congratulation itu artinya selamat..hehe) yahhhh untuk panitia yang dapet gelar “TER” nya masing-masing. Hihihi
Panitia “TER” award ini jurinya adalah peserta TORSI itu sendiri. Jadi, pas acara terakhir (pas out bond di post terakhir), peserta dikasih quisioner gitu oleh panitia untuk diisi dengan nama panitia yang menurut mereka bisa dijadikan nominasi di panitia “TER” award ini..
Dan itu dia yang diatas para pemenangnya 

Di acara TORSI ini semua pengurus ikut turun jadi panitia, mau tau susunan kepanitiaannya?
Yeuuuhhh tingal di palih handap (artinya: nih liat di bawah ):
• Ketua pelaksana: Nizar Nuril
• Sekertaris : Imam Taufik
• Bendahara 1 : Nina Yunia Hasanah
• Bendahara 2 : Nurhidayah
• Sekjen internal : Dian Syah Maulana AS
• Sekjen eksternal: Agies Norman Maulana
• Sie. Humas : Aceng Sambas, Pipih Nurhidayati
• Sie. Acara : Yuni Karlina, Muh Imam Ramdhan, Ayuk Dwi Ningsih, Lulu Dia Rahayu
• Sie. Pubdekdok : Yus Kusaeri, Nisa Uswatun Hasanah, Rida Sri Wulandari
• Sie. Logistik : Arizal Taufik, Habib.
• Sie. Konsumsi : Rani Puspita Sari, Sherly Melyani, Sholehudin Hikmatiar,
• Sie. Kesehatan : Tresna, Irma Fatayati, Susilawati Sobur, Nasri Nasriah.
• Keamanan : Roni permana, Dayuana Pratiwi, Sandy Yusuf, Asti Sawitri, Hafidz, Ridwan Adrianto, Irfan Syafar Farouk.

Berikut susunan kepanitiaannya, untuk teman-teman panitia tetep semangat ya!. Dan untuk peserta, terimakasih sudah mau mengikuti TORSI 
Eh kita denger komentar-komentar dari temen-temen yang iktu berpartisipasi di TORSI yu!

 Kang fran gapake S (bapa Ketum HIMASAIFI ) said : Alhamdulillah berjalan dengan lancar.. saya bangga terhadap panitia...
 Annas (peserta TORSI) said :
“segala ada.. hehe. Pokonya komisi c paling diingat oleh kami.. karena ke GJ annya... hehe . untuk kata “ayam sayur” tidak akan pernah kita lupakan..  “


Berdasarkan data diatas saya dapat menyimpulkan bahwa TORSI itu memang berkesan (kata-katanya kaya bikin kesimpulan laporan aja yahhhh )
Mungkin hanya itu yang saya dapat sampaikan, semoga bermanfaat, umumnya bagi yang membaca dan khususnya bagi tukang bajigur (maksud lohhhhhh !@!@#$$!## )hehehe..
Kita tutup saja dengan hamdalah ( alhamdulillah) bilahi taufik walhidayah, wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokaaaatuh (pake style ala ustadz ) hehehe :D



SALAM FISIKA GAYA !!
ichaaa Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Senin, 24 Oktober 2011

Garis Besar Program Organisasi Himasaifi Tiap Departemen


Hari ini kami [Advokom] akan share soal tugas-tugas apa saja yang ada pada tiap Departemen di HIMASAIFI. Sekedar mengingatkan kembali kepada setiap pengurus akan tugas apa saja yang harus di lakukan ketika menjabat, juga sebagai Informasi bagi para "calon" pengurus HIMASAIFI berikutnya. ^_^


Sebelum masuk ke tugas apa saja kami akan menjelaskan pengertian dari GBHO itu sendiri. Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) Himpunan Mahasiswa Sains Fisika adalah landasan program kerja ketua Himasaifi secara umum dalam melaksanakan kebijakan secara menyeluruh baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang . GBHO sebagai implementasi dari AD/ART Himasaifi KBM Universitas Islam Negeri Bandung menyangkut segenap aspekdinamika organisasi dalam upaya berperan serta mewujudkan cita-citanya yang berdasarkan Tri Dharma perguruan tinggi. GBHO ditetapkan dalam Musyawarah Besar Himasaifi dan dapat ditinjau ulang dalam pelaksanaan Musyawarah Besar Himasaifi berikutnya. sedangkan Maksud dan Tujuan GBHO adalah untuk memberikan arah yang jelas secara sistematis, terperinci dan terencana dalam mewujudkan program keja yang berkualitas upaya untuk ikut serta mewujudkan cita-cita organisasi yang berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Landasan operasional GBHO adalah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Himasaifi.
GBHO Himasaifi pada umumnya merupakan rangkaian aktivitas organisasi yang berkesinambungan, menyeluruh, terarah dan terpadu yang disusun berdasarkan pola dasar haluan organisasi serta dilaksanakan dalam waktu satu periode kepengurusan. kita langsung saja pada tugas dan Program apa saja yang sudah terlaksana pada setiap Departemen.

  • Departemen Pengembangan Aparatur Organisasi (PAO)
Departemen ini merupakan figure organisasi yang berlandaskan kepada Tri Dharma Perguruan tinggi dalam kegiatannya harus berorientasi pada kemampuan berorganisasi yang mantap, dapat menampung dan menyalurkan aspirasi anggota Himasaifi.

#Program Kerja yang sudah terlaksana : - Pelantikan, Up-Grading dan RAKER, Rapat Koordinasi tiap bulan, Studi Banding ke HIMAFI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan TORSI [ Ta'aruf dan Orientasi ] Fisika.

  • Departemen Profesionalisme Jurusan (Profjursan)
Departemen ini dalam kegiatannya harus berorientasi pada tujuan pendidikan profesionalisme jurusan dan dapat membantu lancarnya pendidikan baik formal maupun nonformal.

#Program Kerja yang sudah terlaksana : - Stand Exfo Science Tech Festival, Stand Exfo OPAK [Orientasi Pengenalan Akademik] dan Kuliah Umum.

  • Departemen Minat dan Bakat (Miba)
Departemen ini harus menyelenggarakan kegiatan yang dapat membantu anggotanya dalam rangka menyalurkan dan meningkatkan minat serta bakat anggota Himasaifi.

#Program Kerja yang sudah terlaksana : - Kuisioner Mengenai Minat dan Bakat.


  • Departemen Advokasi,  Komunikasi dan Informasi (Advokom)
Departemen ini harus dapat memberikan informasi seluas-luasnya dan menampung aspirasi serta menindaklanjutinya sehingga terjalin hubungan harmonis antara anggota, pengurus dan fakultas.

#Program Kerja yang sudah terlaksana : - Jarkom [Jaringan Komunikasi] antar Pengurus dan Seluruh anggota HIMASAIFI, Kelola dan Perpanjangan Website HIMASAIFI , dan Pembuatan Mading [sedang dalam pencarian pembuat ^_^]

  • Departemen Kerohanian
Departemen ini harus dapat menyelenggarakan kegiatan yang bersifat keislaman dalam rangka mewujudkan Mahasiswa Fisika yang berakhlak baik dan religius.

#Program Kerja yang sudah terlaksana : - Tahajud Call

  • Departemen Kewirausahaan
Departemen ini harus dapat menyelenggarakan kegiatan yang berorientasi profit, sehingga dapat membantu kas yang ada dan dapat membentuk jiwa wirausaha.

#Program Kerja yang sudah terlaksana : - Pembuatan Jaket himpunan dan Bisnis Pulsa untuk menambah Kas keuangan Departemen Kewirausahaan.

  • Departemen Sosial (Depsos)
Departemen ini harus dapat menyelenggarakan kegiatan yang berorientasi pada kegiatan sosial, budaya dan kemasyarakatan sehinga terjalin silaturahmi antar mahasiswa dan masyarakat.

#Program Kerja yang sudah terlaksana : - Perencanaan Menggalang dana untuk Bencana dan pembuatan Tong Sampah Kelas.

mungkin hanya sekian share info dari kami, kurang dan lebihnya kami meminta maaf kepada semua pihak. Sebenarnya masih banyak Program Kerja tiap Departemen yang masih belum dan sedang dalam proses pelaksanaan, semoga setiap Program Kerja tiap Departemen tersebut dapat terlaksana sesuai target yang diharapkan.

salam penulis . Advokom_unie48
Wassalam

sumber : Draf Mubes II Himasaifi





unie kyuhyunnie Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Senin, 17 Oktober 2011

Penemu Ilmu Optik Dari Fisikawan Muslim



Dunia mendapuknya sebagai Bapak Optik. Gelar kehormatan itu dianugerahkan kepada Ibnu Haitam atas kontribusinya dalam mengembangkan ilmu optik. Alhazen, begitu orang Barat menyebutnya, bernama lengkap Abu Ali Muhammad ibnu Al-Hasan ibnu Al-Haitham. Ia merupakan sarjana Muslim terkemuka yang lahir di Basrah, Irak pada 965 M.


Sejak kecil Ibnu Haitham yang berotak encer menempuh pendidikan di tanah kelahirannya. Ia merintis kariernya sebagai pegawai pemerintah di Basrah. Namun ia ternyata tak betah berlama-lama berkarir di dunia birokrasi. Ibnu Haitham yang lebih tertarik untuk menimba ilmu akhirnya memutuskan untuk berhenti sebagai pegawai pemerintah.

Ia pun lalu memilih merantau ke Ahwaz dan pusat intelektual dunia saat itu, yakni kota Baghdad. Di kedua kota itu ia menimba beragam ilmu. Ghirah keilmuannya yang tinggi membawanya terdampar hingga ke Mesir. Di negeri piramida itu, Ibnu Haitham meneliti aliran dan saluran sungai Nil serta menerjemahkan buku-buku tentang matematika dan ilmu falak.

Ibnu Haitham juga sempat mengenyam pendidikan di Universitas Al-Azhar. Setelah itu, secara otodidak ia mempelajari hingga menguasai beragam disiplin ilmu seperti ilmu falak, matematika, geometri, pengobatan, fisika, dan filsafat. Secara serius dia mengkaji dan mempelajari seluk-beluk ilmu optik. Beragam teori tentang ilmu optik telah dilahirkan dan dicetuskannya.

Penelitiannya tentang cahaya memberikan ilham kepada ahli sains Barat seperti Boger, Bacon, dan Kepler yang menciptakan mikroskop serta teleskop. Dialah orang pertama yang menulis dan menemukan pelbagai data penting mengenai cahaya. Konon, dia telah menulis tak kurang dari 200 judul buku.

Sayangnya, hanya sedikit yang terisa. Bahkan karya monumentalnya, Kitab Al-Manadhir, tidak diketahui lagi rimbanya. Orang hanya bisa mempelajari terjemahannya yang ditulis dalam bahasa Latin. Kekurangpedulian umat Islam terhadap karya-karya ilmuwan terdahulu, telah membuat Islam tertinggal.

Melalui Al-Manadhir, teori optik pertama kali dijelaskan. Hingga 500 tahun kemudian, teori Ibnu Haitham ini dikutip banyak ilmuwan. Tak banyak orang yang tahu bahwa orang pertama yang menjelaskan soal mekanisme penglihatan pada manusia—yang menjadi dasar teori optik modern—adalah ilmuwan Muslim asal Irak. 

Selama lebih dari 500 tahun, Al-Manadhir terus bertahan sebagai buku paling penting dalam ilmu optik. Pada 1572, karya Ibnu Haitham ini diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dengan judul Opticae Thesaurus.

Bab tiga volume pertama buku ini mengupas ide-ide dia tentang cahaya. Dalam buku itu, Haitham meyakini bahwa sinar cahaya keluar dari garis lurus dari setiap titik di permukaan yang bercahaya. Ia membuat percobaan yang sangat teliti tentang lintasan cahaya melalui berbagai media dan menemukan teori tentang pembiasan cahaya. Ia jugalah yang melakukan eksperimen pertama tentang penyebaran cahaya terhadap berbagai warna.

Dalam buku yang sama, ia menjelaskan tentang ragam cahaya yang muncul saat matahari terbenam, dan juga teori tentang berbagai macam fenomena fisik seperti bayangan, gerhana, dan juga pelangi. Ia juga melakukan percobaan untuk menjelaskan penglihatan binokular dan memberikan penjelasan yang benar tentang peningkatan ukuran matahari dan bulan ketika mendekati horison.

Haitham mencatatkan namanya sebagai orang pertama yang menggambarkan seluruh detil bagian indra pengelihatan manusia. Ia memberikan penjelasan yang ilmiah tentang bagaimana proses manusia bisa melihat. Salah satu teorinya yang terkenal adalah ketika ia mematahkan teori penglihatan yang diajukan dua ilmuwan Yunani, Ptolemy dan Euclid.

Kedua ilmuwan ini menyatakan bahwa manusia bisa melihat karena ada cahaya yang keluar dari mata yang mengenai objek. Berbeda dengan keduanya, Ibnu Haitham mengoreksi teori ini dengan menyatakan bahwa justru objek yang dilihatlah yang mengeluarkan cahaya yang kemudian ditangkap mata sehingga bisa terlihat.

Dalam buku ini, ia menjelaskan bagaimana mata bisa melihat objek. Ia menjelaskan sistem penglihatan mulai dari kinerja syaraf di otak hingga kinerja mata itu sendiri. Ia juga menjelaskan secara detil bagian dan fungsi mata seperti konjungtiva, iris, kornea, lensa, dan menjelaskan peranan masing-masing terhadap penglihatan manusia.

Salah satu karyanya yang paling menomental adalah ketika Haitham bersama muridnya, Kamaluddin, untuk pertama kali meneliti dan merekam fenomena kamera obsecura. Inilah yang mendasari kinerja kamera yang saat ini digunakan umat manusia. Oleh kamus Webster, fenomena ini secara harfiah diartikan sebagai “ruang gelap”. Biasanya bentuknya berupa kertas kardus dengan lubang kecil untuk masuknya cahaya.

Sementara dalam kitab Mizan Al-Hikmah, ia mendiskusikan kepadatan atmosfer dan membangun korelasi antara hal tersebut dengan faktor ketinggian. Ia juga mempelajari pembiasan atmosfer dan menemukan fakta bahwa senja hanya muncul ketika matahari berada 19 derajat di bawah horison. Dengan dasar itulah, ia mencoba mengukur tinggi atmosfer. Dalam buku ini, ia juga membahas teori daya tarik massa, suatu fakta yang menunjukkan ia menyadari korelasi percepatan dengan gravitasi.

Selain di bidang fisika, Ibnu Haitham juga memberikan kontribusi penting terhadap ilmu matematika. Dalam ilmu ini, ia mengembangkan analisis geometri dengan membangun hubungan antara aljabar dengan geometri.

Haitham juga membuat buku tentang kosmologi yang diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan Ibrani di abad pertengahan. Karya lainnya adalah buku tentang evolusi, yang hingga kini masih menjadi perhatian ilmuwan dunia.












Sumber: Forum Kafilah dan Tarbiyah Islam
unie kyuhyunnie Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Rabu, 12 Oktober 2011

LAGU TORSI



Mahasiswa Fisika... di UIN Bandung
Punya kemampuan lebih...dari yang lain
Dilihat dari ilmunya,agamanya juga orangnya..
Ada yang pandai,ada yang taat, ada yang cantik dan juga ganteng rupanyaa..
Kami datang kesini.. Ingin ta’aruf
sekaligus orientasi ..dalam jurusan
asik acaranya,seru juga bermanfaat..
kami lebih dekat,kami lebih tahu,kami lebih paham dan juga lebih okee..

Yel Semangat
Fisika oh Fisika..
Jaya Luar biasa..
Fisika oh Fisika..
Jaya Luar biasa..
Fisika...
Jaya..Luar biasa..
Hop hop..hop hop,,
Haa.. heem..mantaap.

Nb: Nada Warung Pojok –Cirebon-
ichaaa Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

----RAHASIA DI BALIK KELELAHANKU----


Diantara gelap gulitanya kehidupan dan keramaian kota, di tengah-tengah hirup pikuk manusia yang menikmati realita kehidupan malamnya, serta diantara kerinduan hati untuk bersama lagi dengan keluarga. Aku berjalan dengan gontai mengiringi semilir angin yang menyeruak kedalam tubuhku, aku juga diguyuri rintiknya air hujan yang memercik beribu-ribu jatuh membasahi seluruh pakaianku. Hingga langkahku terhenti di bawah pohon beringin yang besar sebagai tempat untuk aku berteduh dan mengeringkan pakaian dengan hembusan angin, aku menyadari bahwa tempat ini adalah tempat para peminta-minta bersandar dari kelelahannya.

Aku merasakan jua, tempat ini adalah sebuah kenangan, ikatan persahabatan tercipta disini. Namun, sekarang aku tertatih sendiri, sendiri dalam gelapnya malam yang dipenuhi oleh kerumunan manusia tak beradab. Aku mengukir kesedihan, aku tidak tahan menjalani semua ini, kesendirian yang ditemani oleh penyakit dalam tubuhku. Sesaat aku merenung, merasakan atas kepedihan yang telah ayah lakukan kepadaku. Tapi, aku hanya bisa bersimpuh dan hanya itu yang dapat aku lakukan sekarang, memohon kepadaNya semoga diberi kekuatan dalam menerima semua ini dan bisa menahan semua haloba yang datang kepadaku.

Aku meneruskan langkah yang terhenti sesaat dan aku tinggalkan tempat itu, melangkah dan terus melangkah tanpa tahu kemana arah dan tujuannya, lelah yang aku rasakan tidak kalah sakitnya dengan apa yang telah ayah lakukan kepadaku yaitu mengusirku tanpa ada salah apapun, malah ayah yang bersalah karena sudah tertangkap basah sedang bercumbu mesra dengan wanita bukan ibu. Biarlah ini terjadi karena nasib dan waktu hanya Sang Maha Kuasa yang dapat menentukannya. Kini aku merasakan dalam batin untuk terus bersemangat dalam meniti kehidupan yang fana ini. Akhirnya aku ukir dalam hati untuk tetap tertatih pada bumi ciptaanNya.

Selintas rasa sakit yang ada dalam tubuhku ini terasa, aku hiraukan semuanya. Aku harus terus dan terus berjuang untuk mengejar cita-citaku yaitu menjadi seorang sastrawan. Langkahku kembali terhenti, tepat di depan mesjid,dan aku langsung memasukinya. Pandanganku langsung tertuju pada jam dinding yang menempel diatas mihrab. Jam menunjukan pukul 02.32 WIB, aku terdiam terpaku karena aku tidak menyadari bahwa aku berjalan di tengah kegelapan malam yang sudah cukup lama. Niatku langsung terkuak untuk melaksanakan kebiasaanku yaitu melaksanakan shalat tahajud, aku langsung terperanjat untuk mengambil air wudlu dan aku segera melaksanakan shalat tahajud.

Aku bersimpuh pasi kepadaNya, aku memohon dan aku berdo’a kepadaNya.
“ Ya….. Allah, inilah hamba yang kembali bersimpuh dihadapanMu. Hamba serahkan seluruh hidup dan mati hamba, hamba tak kuasa diatas kekuasaan Engkau, hamba hanyalah makhluk hina yang tak pernah luput dari dosa. Hamba memohon kuatkanlah hati hamba, dan kuatkanlah jiwa raga hamba untuk menapaki perjalanan hidup hamba sekarang. Ya…. Allah hamba bertekad untuk tetap berjuang dalam meniti hidup hamba. Maka dari itu hamba mohon tabahkanlah hati hamba. Hanya Engkau tumpuan dan harapan hamba. Kemana lagi hamba memohon dan kepada siapa lagi hamba memohon pertolongan, hanya Engkau ya Rabb. Satu lagi permintaan hamba berilah ganjaran yang setimpal kepada ayah hamba yang telah melakukan perbuatan keji itu. Amin ya Allah ya Rabbal ‘alamin.

Mataku meneteskan airmata, airmata atas pengharapanku tanpa disadari hingga aku terlelap tidur diatas sajadah yang aku duduki. Seulas mimpi menyinggahi tidurku .
* Pulanglah nak, cepatlah pulang. Umi menunggu disini, Umi rindu, rindu kepadamu nak, Umi sedih sekali ditinggalkan olehmu.

Aku yang masih berada diatas sajadah itu. Dimana aku tertidur lelap, langsung terperanjat dari keterjagaanku. Aku memikirkan mimpi itu, aku ingin sekali pulang kembali ke rumah. Tapi aku tidak bisa karena aku telah bertekad untuk tidak akan pulang sebelum lelaki bejad tak bermoral itu pergi meninggalkan rumah.
Aku mengambil buku dari tas yang aku bawa, kata demi kata aku tuliskan hingga aku bisa merangkai kata menjadi cerpen dan aku beri judul “ Cinta putih dua insan”. Tak sadar aku melihat barisan saf shalat. Iqomat pun berkumandang tandanya shalat subuh telah tiba. Aku langsung beranjak dari sejadah itu dan aku segara mengambil air wudlu dan segera pula melaksanakan shalat subuh berjama’ah.
Setelah selesai melaksanakan shalat subuh, aku kembali bersimpuh kepadaNya dan meminta ketabahan serta kekuatan dalam menjalani hidup. Aku terdiam seribu bahasa setelah aku melihat kak Umam yang duduk tak jauh dariku hanya terhalang oleh tiga orang jama’ah.

Akhirnya pandanganku beradu dengan kak Umam. Kak Umam pun menghampiriku.
“ Dik….,Bagaimana kabarmu? kakak dan ibumu menunggumu dirumah, sudah empat hari kamu tidak pulang. Kakak tahu kamu kesal terhadap ayah yang keterlaluan hingga kamu dipukul dan diusir oleh ayah sehingga kamu pergi dari rumah kaya begini. Dik…., kembalilah kerumah, ibu yang tidak bersalah kenapa ditinggalkan olehmu, ibu sangat rindu kepadamu. Lagi pula ayah sudah tidak ada dirumah lagi, dia pergi dengan perempuan itu.

Aku diam dan aku menarik nafas dalam.
“ Aku baik-baik saja kak, aku ingin sekali pulang ke rumah. Tapi……….?
Aku berfikir kembali, jika aku pulang ke rumah, aku akan menjadi beban keluargaku khususnya ibu, karena penyakit dalam tubuhku harus diobati, ibu punya uang dari mana selama ini ayahlah yang dapat membeli obat buatku dan hanya ayahlah yang dapat menghidupi seluruh keluargaku.
“ Tapi, apa dik?
“ Tapi aku tidak bisa kak. Aku menjelaskan semuanya terhadap kak Umam hingga kak Umam mengerti.
“ Tapi siapa yang akan menjaga kamu dik?”
“ Entah siapalah kak, aku akan berusaha bertahan. Aku yakin aku akan kembali kerumah dan aku lebih yakin bahwa Allah akan menjagaku.
“ Baiklah dik. Tapi jaga dirimu baik-baik, kalau ada apa-apa tolong kabari ibu dan kakak. Ini uang tiga puluh ribu buat kamu untuk membeli makan kamu supaya kamu tidak kelaparan.
“ Ia kak, terima kasih. Sampaikan salamku buat ibu dirumah.
Aku kembali menguras kesedihan karena aku memikirkan uang atas pengobatan yang diberikan ayah untukku. Aku takut bahwa uang itu tidak halal sehingga keharaman telah mendarah daging dalam tubuhku.
Aku keluar dari miesjid, dan aku melambaikan tangan kepada kakakku.
* * *


Mentari terbangun dari kelelahannya, kicau burung meramaikan suasana kota di pagi hari. Daun yang basah karena terkena air hujan malam tadi menggambarkan kesegaran yang harmoni. Aku telusuri kota itu, hingga aku terhenti di atas hamparan rumput hijau. Aku ambil lagi buku didalam tas dan aku tulis kembali sebuah tulisan yang diambil dari perjalanan hidupku
Angin membuyarkan seluruhnya, hingga buku yang aku pegang terbawa oleh angin tersebut ke tengah jalan. Dan akhirnya bukuku tergeleng, aku merintih karena aku sedih hasil karyaku dalam menjalani hidup terkapar. Tapi mobil itu berhenti dan menghampiriku
“ Dik……apakah kamu yang telah menulis karya ini?
“ Ia pak…?
Bapak itu terdiam setelah melihat tanda hitam di leher aku. Pak Rizki ( orang yang sedang bicara dengan aku ) teringat kepada anaknya yang dulu sewaktu kecil di titipkan kepada seorang perempuan separuh baya yang memiliki tanda yang sama dengan anak ini ( aku ), pak Rizki terus memikirkan apakah aku adalah anaknya. Pak Rizki langsung bertanya
“ Siapa nama ibumu nak?
“ Ibu Zahra, pak!
Pak Rizki sudah yakin bahwa aku adalah anaknya karena tepat sekali orang yang mendapat titipan anak ini adalah ibu Zahra. Pak Rizki masih menyimpan rahasia ini terhadap aku.
“ Dik marilah ikut bapak, kita ke redaksi untuk mengirimkan karyamu ini. Siapa tahu, biarpun lecek karyamu bisa diterima ditengah masyarakat.
Dengan keharuan yang amat mendalam, aku pergi bersama pak Rizki ke redaksi. Setelah di tempat redaksi pak Rizki segera memberikan karya aku. Selagi ada kesempatan aku sodorkan semua hasil karyaku yang begitu banyak yang tersimpan di dalam tas yang aku bawa.
* * *


Seluruh tubuhku terasa sakit, hingga akhirnya aku jatuh pingsan. Setelah keluar dari tempat redaksi tersebut, pak Rizki dengan segera membawa aku ke Rumah sakit. Hingga aku dirawat di sana selama 3 hari karena paru-paruku terkena infeksi, dan membayar seluruh pembayaran Rumah sakit adalah pak Rizki. Dan aku akhirnya dinyatakan bisa sembuh oleh dokter jika istirahatku bisa dikontrol dengan baik.
Pak Rizki sekarang sudah yakin bahwa aku adalah anaknya, karena selama dirumah sakit itu pula, pak Rizki berusaha menyelidiki aku dengan cara mengetahui apa golongan darah aku. Ternyata golongan darahnya pun sama.
Aku memikirkan ayah yang telah mengkhianati ibu, aku berharap agar ayah dibukakan mata hatinya dan dapat seperti pak Rizki yang ada dihadapanku ini.
“ Pak bolehkah aku meminta satu permintaan?”
“ Ia nak, kamu mau minta apa?” pak Rizki keceplosan berbicara sehingga dia memangggil anak.
“ Apa pak? Anak!!!
“ Bukan, bukan. Coba sekarang sebutkan apa permintaan dik?
“ Mohon antarkan aku pulang ke rumah untuk menemui ibu dan kakak.
“ Tentu saja dik, tapi entar sore, karena kamu diperbolehkan untuk pulang dari rumah sakit ini entar sore.
“ Baiklah pak.
Aku terdiam dan memikirkan kenapa pak Rizki terlalu baik terhadap aku.
Pak Rizki pun berpikir, bagaimana caranya membicarakan hal yang sebenarnya. Tapi akhirnya pak Rizki menceritakan semua.
“ Dik….?
“ Ia pak ada apa?
Pak Rizki membicarakan semuanya hingga aku dan pak Rizki mengeluarkan air mata dan aku pun sudah tahu bahwa pak Rizki adalah ayah kandungku.
“ Pak…..aku anak bapak.
“ Ia nak, kamu adalah anak bapak. Yang bapak titipkan kepada ibu Zahra yaitu ibu yang telah membimbingmu dan merawatmu dari kecil.
Karena keharuannya, mereka memeluk saling erat ditambahi dengan tangisan kebahagiaan yang tak terkira. Jadi ayah pengkhianat itu bukan ayahku, pantas saja ayah selalu memperlakukanku seperti bukan anaknya dan kenyataannya benar. Akhirnya aku dan pak Rizki saling bergembira, karena sudah terjalin sebagai ayah dan anak.
Sore pun menjelang, aku dan ayah pulang meninggalkan rumah sakit.
“ Marilah kita pulang nak? kita temui ibu Zahra.
“ Baiklah ayah, tapi aku mau bertanya. Dimana ibu kandungku?
“ Ibu kandungmu sudah meninggal 13 tahun yang lalu nak. Maka dari itu ayah titipkan kamu kepada ibu Zahra, karena ayah tidak akan bisa merawat kamu nak, karena tidak ada ibumu.
Aku tidak bisa menahan tangisan ini, aku serasa berada di alam mimpi.
* * *


Aku pulang ke rumah bu Zahra, dengan tangisan yang mengharukan, aku memeluk erat ibu Zahra setelah aku melihatnya. Begitu pun kak Umam, dia merangkulku dengan penuh kebahagiaan.
“ Kamu baik- baik saja nak?”
“ Ia bu, aku rindu sama ibu.
Tapi mulutku serasa di kunci setelah aku menyadari bahwa ibu Zahra bukanlah ibu kandungku, dan aku melepaskan pelukannya.
“ Kenapa nak? Ada apa nak?

Aku menceritakan semuanya tentang apa yang telah terjadi. Ibu Zahra pun kaget setelah melihat pak Rizki di balik pintu, ibu Zahra langsung menyadari semuanya.
Ternyata pak Rizki sudah tahu semua tentang keluarga ibu Zahra salah satunya tentang lelaki tak bermoral itu, yang ada dalam pikirannya adalah tentang anaknya yaitu aku, pak Rizki tidak mau kalau ibu Zahra yang sangat berjasa dalam menghidupi aku tidak mendapatkan apa-apa.

Akhirnya pak Rizki punya niat dan perasaan dalam hati untuk menikahi ibu Zahra, dengan cepat pak Rizki berbicara kepada ibu Zahra karena dia ingin menikahinya, ibu Zahra pun menerimanya.

Kini lelaki yang telah mengkhianati ibu Zahra tengah mendekam dipenjara karena tertangkap basah sedang melakukan perzinahan oleh petugas kepolisian.
Akhirnya pak Rizki dan ibu Zahra resmi menikah dan menjadi pasangan suami isteri. Aku dan kakak pun bahagia karena mempunyai ayah dan ibu yang sangat baik. Di tengah kabahagiaan sebuah mahligai keluarga tersebut, datang seorang diri dari bagian redaksi yang memberi tahu bahwa aku tengah diangkat menjadi seorang sastrawan, karena bukunya sudah tersebar di seluruh pelosok nusantara dalam waktu singkat. Dan aku mendapatkan beasiswa untuk kuliah S1 jurusan sastra di Universitas paling terkemuka di kotaku.

Kebahagiaan yang tiada tara akhirnya datang menghadapku, setelah menjalani hidup dalam kelelahan. Ya Allah inilah rahasiaMu, terima kasih yang sebesar-besarnya. Penyakitku hilang, cita-cita yang ku idam-idamkan telah ku gapai, sekarang aku mempunyai ibu dan ayah yang baik. Aku bersyukur atas nikmat dan Anugerah serta karuniaMu yang telah Engkau berikan kepadaku dan keluargaku.
Akhirnya waktu itu menjadi moment yang sangat bersejarah dalam perjalanan hidupku. Keluargaku hidup bersama dalam kesucian dan keindahan, terukirlah keluarga yang terbentuk dari bingkai cinta yang sangat indah diatas keimanan dan ketaqwaan kepadaNya.


SELESAI





Karya : Imam Taufik
Angkatan : fisika '09
ichaaa Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

PEMBAGIAN KELOMPOK MENTORING (AMANDEMEN)




Kelompok Albert Einstein
Pementor : Imam Taufik dan Nisa Uswatun Hasanah

1. Asep Sopian
2. Cut Wulan Dayu
3. Dian Permana
4. Siti Ropiqoh Fauziah
5. Mochamad Purwanto


Kelompok Thomas Alfa Edison
Pementor : Yus Kusaeri dan Pipih Nurhidayati

1. Eva Fauziah
2. Hilman Karimi
3. Nikita Fatah Enting
4. Pupu Maspupah
5. Ujang Permana


Kelompok Newton
Pementor : Rani Puspitasari dan Arizal

1. Ahmad Rivai
2. Rudi Hartono
3. Isma Saliyah
4. Susi Susanti
5. Evi Marlina


Kelompok Al- Biruni
Pementor : Yuni Karlina dan Solehudin Hikmatiar

1. Muhammad Salim Mahfud
2. Dewi Rahayu
3. Lida Maulida
4. Bagus Ubaidillah Ahmad
5. Zeti Sinta Utami


Kelompok Ibnu Sina
Pementor : Aceng Sambas dan Irma Fatayati

1. Intan Purnamasari
2. Diki Fauzi
3. Nurul Hidayah
4. Shifa Sheptiyani
5. Winandar


Kelompok Archimedes
Pementor : Habib Jainudin dan Sherly

1. Delia Noor Wahidah
2. Abdul Rohman Sayyid
3. Nurul Hikmah Fauziah
4. Sapto Wijanarko R
5. Umi Qulsum


Kelompok Al Khawarij
Pementor : Nina Yunia H dan Nurhidayah

1. Atikah Mayang Sari
2. Gina Nurdiani Dewi A
3. R. Asep Saeful imam
4. Rachel Puspitasari
5. Wahid Abdurahman


Kelompok Pascal
Pementor : Nasri Nasriah dan Tresna Purnama Dewi

1. Annas Nasrudin
2. Indra Herdiyana
3. Lyana Ismadelani
4. Siti Mariam
5. Wartinah
ichaaa Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Selasa, 11 Oktober 2011

UIN Bandung Resmikan Logo Baru



Assalamuallaikum Rekan Fisika . . .
Hari senin tanggal 10 Oktober 2011 kemarin ceritanya ada acara Dies Natalis ke-43 UIN SGD Bandung, nah Kami di beri amanat untuk mewakili atas nama HIMASAIFI untuk hadir ke acara tersebut. Awalnya acara berlangsung lancar walaupun acara terlambat sekitar 2 jam dari jadwal yang seharusnya, pada acara Dies Natalis ke-43 tersebut dihadiri oleh menteri Kelautan dan Perikanan Ir. H. Fadel Muhammad Al-Haddar dan Ketua Dewan Penyantun Prof. Dr. Ir. Ginandjar Kartasasmita . Selepas acara selesai sebenarnya banyak hal yang terjadi di luar gedung Aula UIN, tetapi pada posting kali ini Kami (Advokom) mau share mengenai perubagan Logo UIN yang baru atau lebih singkatnya membahas mengenai makna dari lambang Logo baru ini . Kita langsung aja ya . . .
Perubahan IAIN menjadi UIN SGD Bandung Berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 57 Tahun 2005, pada tanggal 10 Oktober 2005 tidak hanya berubah secara Fisik, tetapi dari segi logo pun berubah dan telah diresmikan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Logo UIN SGD sendiri telah diputuskan oleh Menteri Agama RI pada tanggal 26 Juli 2011 yang ditandatangani langsung oleh bapak Suryadharma Ali.
Sedang untuk makna lambangnya itu sendiri yaitu,


Pertama, Berpedoman Kepada Visi, Misi, Dan Tujuan UIN SGD Bandung Sebagai Implementasi Dari QS Ali Imran : 190-191 Yaitu Seorang Ulul Albab Yang Memiliki Karakteristik Keseimbangan Antara Dzikir Dan Pikir.
Kedua, Bintang Bersegi Lima Warna Emas Merupakan Titik Poros Utama Melambangkan Allah SWT Sebagai Sumber Dari Segala Sumber Seluruh Kehidupan Manusia, Termasuk Ilmu Pengetahuan Yang Tercermin Dalam Ayat-Ayat Qur’aniyah, Dan Sekaligus Melambangkan “Rukun Islam” Dan “Pancasila” Sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Ketiga, Bintang Bersegi Enam Warna Putih Melambangkan “Ayat-Ayat Kauniyah” Yang Harus Digali, Dikelola, Dan Dikembangkan Oleh Manusia, Serta Dibimbing Oleh Wahyu Untuk Mewujudkan Manusia Sebagai Khalifah Di Muka Bumi Yang Bertugas Untuk Memakmurkan Alam, Dan Sekaligus Melambangkan “Rukun Iman”.
Keempat, Buku-Buku Terbuka Warna Hijau Muda Yang Melingkar Melambangkan Dinamika Pengembangan Rumpun Keilmuan Yang Beranekaragam, Luas, Dan Mendalam Berdasarkan Paradigma Wahyu Memandu Ilmu, Merupakan Tekad Seluruh Sivitas Akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung Sebagai Icon Peradaban Untuk Siap Menyambung Kembali Zaman Keemasan Peradaban Islam Abad Ke 9-13 Masehi.
Kelima, Berlian Berjumlah Dua Belas Warna Biru Yang Membingkai Melambangkan Perpaduan Iman, Ilmu, Dan Amal, Serta Menggambarkan Jumlah Huruf “Laa Ilaaha Illallah” Sebagai Simbol “Sains Tauhidullah”.
Logo tersebut mulai dipakai dan disosialisasikan sejak pelaksanaan Wisuda ke-54 yang berlangsung pada tanggal 17 September 2011.

Mungkin cuman sekian aja yang kami akan share mengenai Makna Logo baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung, jika mungkin Teman-teman sekalian merasa Makna tersebut terlalu "dipaksakan" hal itu diluar dari pemahamhaman penulis, Karena setiap orang pasti punya pendapat berbeda-beda.

Wassalam, Salam Sejahtera Advokom HIMASAIFI

#catatan ini dibuat ketika Penulis membaca Warta Al-Jami'ah edisi 01 bulan Oktober.
unie kyuhyunnie Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Sabtu, 08 Oktober 2011

Siapakah Penemu Pensil ?




penemu pensil merupakan sebuah penemuan yang sangat membantu mencerdaskan anak bangsa,Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Penulisan dilakukan dengan menggoreskan grafit tersebut ke atas media. Namun grafit murni cenderung mudah patah, terlalu lembut, memberikan efek kotor saat media bergesekan dengan tangan, dan mengotori tangan saat dipegang. Karena itu kemudian diciptakan campuran grafit dengan tanah liat agar komposisinya lebih keras. Selanjutnya komposisi campuran ini dibalut dengan kertas atau kayu

Penggunaan timbal dan grafit sudah dimulai sejak zaman Yunani. Keduanya memberikan efek goresan abu-abu, walaupun grafit sedikit lebih hitam. Grafit sangat jarang dipakai hingga kemudian pada tahun 1564 ditemukan kandungan grafit murni dalam jumlah besar di Borrowdale, sebuah lembah di Lake District, Inggris bagian utara. Meskipun kelihatan seperti batu bara, mineral tersebut tidak dapat terbakar, dan meninggalkan bekas berwarna hitam mengilap, serta mudah dihapus di atas permukaan yang bisa ditulisi.Pada masa ini istilah grafit masih disalahartikan dengan timah, timah hitam, dan plumbago, artinya "seperti timah" mengingat sifatnya yang hampir sama. Karena itu istilah lead pencil (pensil timah) masih digunakan sampai sekarang. Karena teksturnya berminyak, bongkahan dibungkus dengan kulit domba atau potongan kecil timah berbentuktongkat dibebat dengan tali. Tidak seorang pun tahu siapa yang mula-mula mempunyai ide untuk memasukkan timah hitam ke dalam wadah kayu, tetapi pada tahun 1560-an, pensil yang primitif sudah sampai di benua Eropa.

timah hitam ditambang dan diekspor untuk memenuhi permintaan para seniman; dan pada abad ke-17, bisa dikatakan timah hitam telah digunakan di mana-mana. Pada waktu yang sama, para pembuat pensil bereksperimen dengan timah hitam untuk menghasilkan alat tulis yang lebih baik. Karena murni serta mudah diekstrak, timah hitam dari Borrowdale menjadi incaran pencuri dan pedagang gelap. Untuk mengatasinya, Parlemen Inggris mengeluarkan undang-undang pada tahun 1752 yang menetapkan bahwa pencuri timah hitam bisa dipenjarakan atau dibuang ke suatu koloni narapidana.

Namun pada tahun 1779, seorang ahli kimia Carl W. Scheele meneliti dan menyimpulkan bahwa grafit memiliki sifat kimiawi yang jauh berbeda dengan timbal. Grafit adalah komposisi molekul karbon murni yang lunak. Akhirnya pada tahun 1789, ahli Geologi Jerman, Abraham G. Werner memberikan nama grafit, yang berasal dari perkataan Yunani graphein, yang berarti menulis. Jadi, isi pensil bukan timah.Perkembangan PensilSelama bertahun-tahun, grafit Inggris memonopoli industri pembuatan pensil karena cukup murni untuk digunakan tanpa perlu diproses lagi. Karena grafit Eropa kurang bermutu, pabrik-pabrik pensil di sana bereksperimen dengan berbagai cara untuk memperbaiki isi pensil. Insinyur Prancis Nicolas-Jacques Conté mencampur bubuk grafit dengan tanah liat, membentuk campuran itu menjadi batang-batang, dan membakarnya dalam perapian. Dengan mengubah-ubah perbandingan grafit terhadap tanah liat, ia bisa membuat isi pensil yang menghasilkan berbagai gradasi warna hitam—proses yang digunakan sampai sekarang.Pada abad ke-19, pembuatan pembuatan pensil menjadi bisnis besar. Grafit ditemukan di beberapa tempat, termasuk Siberia, Jerman, dan yang sekarang disebut Republik Ceko. Di Jerman dan kemudian di Amerika Serikat, sejumlah pabrik dibuka. Mekanisasi dan produksi massal menekan harga, dan pada awal abad ke-20, bahkan anak-anak sekolah menggunakan pensil.Awalnya pensil grafit diberi balutan kertas yang dirobek sesuai keinginan pemakainya. Namun kemudian ditemukan cara lebih praktis dan efisien dengan menyelimuti seluruh batang grafit dengan dua bilah kayu yang ditoreh untuk menyediakan tempat bagi batang grafit dan kemudian disatukan.Grafit murni mungkin lebih disukai seniman karena karakteristiknya yang lebih lugas. Namun untuk penggunaan sehari-hari, diperlukan grafit yang berkualitas lebih rendah agar lebih fleksibel. Pada tahun 1795, ahli kimia Perancis, Nicolas Jacques Conté, menemukan cara mencampur grafit dengan tanah liat agar dihasilkan pensil yang lebih baik dan praktis. Salah satu produk turunannya adalah pensil Konte.

Pada 30 Maret 1858 Hymen Lipman dari Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat mematenkan pensil dengan ujung penghapus. Namun kemudian paten ini dibatalkan dengan alasan sebanenarnya tidak ada penemuan hal baru dari pensil tersebut. Peraut mekanik ditemukan pada tahun 1880 dan dengan cepat menjadi sangat populer.

Pensil di era modern dibuat dengan menghancurkan grafit murni dan tanah liat menjadi bentuk bubuk. Campuran ini kemudian diberi air, dianginkan, dan kemudian dibakar selama tiga hari. Kemudian isi pensil yang telah dicetak menjadi bentuk yang panjang dan tipis dilapisi dengan kayu halus.Awalnya pensil lebih banyak dibuat dalam bentuk persegi karena keterbatasan mesin produksi. Namun di era modern, lebih banyak ditemui bentuk bulat yang lebih nyaman digenggam. Meskipun demikian, tetap banyak yang menggemari bentuk pensil bersudut karena memberi pegangan yang lebih kuat dan mudah dikontrol saat menulis.Pensil dibedakan menurut komposisi . Huruf B menginformasikan ketebalan (boldness), yang berarti kandungan grafitnya lebih banyak. Sementara huruf H menginformasikan kekerasan komposisi leadnya, yang berarti kandungan tanah liatnya lebih banyak. Pensil dengan tanda F berarti komposisinya sangat tepat untuk diraut hingga keruncingan maksimal. Sementara angka di depan huruf memperlihatkan tingkat ketebalan atau kekerasan komposisi suatu pensil. Misalnya 2H akan lebih keras daripada H, atau 2B akan lebih lembut dan tebal dibandingkan B. HB berarti pensil memiliki kedua sifat keras dan tebal.Warna pensil memperlihatkan area produksinya. Pabrik-pabrik di Amerika Utara memberi warna kuning, Jerman dan Brasil memberi warna hijau. India dan beberapa wilayah Asia memberi warna hitam dan merah. Swiss memberi warna merah. Sedangkan Inggris memberi warna kuning dan hitam. Kebanyakan standardisasi warna ini diciptakan produsen Faber-Castell,akan tetapi banyak produsen yang tidak mengikuti standar ini.

sumber : www.kaskus.us
unie kyuhyunnie Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.