Untuk pengguna Avast Antivirus, harap matikan dahulu untuk mengakses web ini. Terima Kasih

Selasa, 11 Oktober 2011

UIN Bandung Resmikan Logo Baru



Assalamuallaikum Rekan Fisika . . .
Hari senin tanggal 10 Oktober 2011 kemarin ceritanya ada acara Dies Natalis ke-43 UIN SGD Bandung, nah Kami di beri amanat untuk mewakili atas nama HIMASAIFI untuk hadir ke acara tersebut. Awalnya acara berlangsung lancar walaupun acara terlambat sekitar 2 jam dari jadwal yang seharusnya, pada acara Dies Natalis ke-43 tersebut dihadiri oleh menteri Kelautan dan Perikanan Ir. H. Fadel Muhammad Al-Haddar dan Ketua Dewan Penyantun Prof. Dr. Ir. Ginandjar Kartasasmita . Selepas acara selesai sebenarnya banyak hal yang terjadi di luar gedung Aula UIN, tetapi pada posting kali ini Kami (Advokom) mau share mengenai perubagan Logo UIN yang baru atau lebih singkatnya membahas mengenai makna dari lambang Logo baru ini . Kita langsung aja ya . . .
Perubahan IAIN menjadi UIN SGD Bandung Berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 57 Tahun 2005, pada tanggal 10 Oktober 2005 tidak hanya berubah secara Fisik, tetapi dari segi logo pun berubah dan telah diresmikan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Logo UIN SGD sendiri telah diputuskan oleh Menteri Agama RI pada tanggal 26 Juli 2011 yang ditandatangani langsung oleh bapak Suryadharma Ali.
Sedang untuk makna lambangnya itu sendiri yaitu,


Pertama, Berpedoman Kepada Visi, Misi, Dan Tujuan UIN SGD Bandung Sebagai Implementasi Dari QS Ali Imran : 190-191 Yaitu Seorang Ulul Albab Yang Memiliki Karakteristik Keseimbangan Antara Dzikir Dan Pikir.
Kedua, Bintang Bersegi Lima Warna Emas Merupakan Titik Poros Utama Melambangkan Allah SWT Sebagai Sumber Dari Segala Sumber Seluruh Kehidupan Manusia, Termasuk Ilmu Pengetahuan Yang Tercermin Dalam Ayat-Ayat Qur’aniyah, Dan Sekaligus Melambangkan “Rukun Islam” Dan “Pancasila” Sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Ketiga, Bintang Bersegi Enam Warna Putih Melambangkan “Ayat-Ayat Kauniyah” Yang Harus Digali, Dikelola, Dan Dikembangkan Oleh Manusia, Serta Dibimbing Oleh Wahyu Untuk Mewujudkan Manusia Sebagai Khalifah Di Muka Bumi Yang Bertugas Untuk Memakmurkan Alam, Dan Sekaligus Melambangkan “Rukun Iman”.
Keempat, Buku-Buku Terbuka Warna Hijau Muda Yang Melingkar Melambangkan Dinamika Pengembangan Rumpun Keilmuan Yang Beranekaragam, Luas, Dan Mendalam Berdasarkan Paradigma Wahyu Memandu Ilmu, Merupakan Tekad Seluruh Sivitas Akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung Sebagai Icon Peradaban Untuk Siap Menyambung Kembali Zaman Keemasan Peradaban Islam Abad Ke 9-13 Masehi.
Kelima, Berlian Berjumlah Dua Belas Warna Biru Yang Membingkai Melambangkan Perpaduan Iman, Ilmu, Dan Amal, Serta Menggambarkan Jumlah Huruf “Laa Ilaaha Illallah” Sebagai Simbol “Sains Tauhidullah”.
Logo tersebut mulai dipakai dan disosialisasikan sejak pelaksanaan Wisuda ke-54 yang berlangsung pada tanggal 17 September 2011.

Mungkin cuman sekian aja yang kami akan share mengenai Makna Logo baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung, jika mungkin Teman-teman sekalian merasa Makna tersebut terlalu "dipaksakan" hal itu diluar dari pemahamhaman penulis, Karena setiap orang pasti punya pendapat berbeda-beda.

Wassalam, Salam Sejahtera Advokom HIMASAIFI

#catatan ini dibuat ketika Penulis membaca Warta Al-Jami'ah edisi 01 bulan Oktober.
unie kyuhyunnie Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

1 komentar: