Untuk pengguna Avast Antivirus, harap matikan dahulu untuk mengakses web ini. Terima Kasih

Minggu, 12 Februari 2012

Kelompok Keahlian Fisika UIN Bandung


Assalamualaikum Sobat Fisika ...
sudah sangat lama sekali nih kami para Advokom belum update kabar fisika terbaru [^_^] . sebenarnya hari ini ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan, tapi satu-satu dulu aja ya kita share-nya biar bisa dicerna dengan baik.
sekarang kami mau bagi-bagi info nih, ceritanya hasil ngobrol-ngobrol dengan kakak-kakak senior mengenai Kelompok Keahlian [disingkat KK]. Semua berawal dari percakapan singkat di laboratorium fisika ketika ada salah satu kawan mengeluh kalau ia sebenarnya masih bingung menentukan KK mana yang nantinya ia ambil, dari situ kami punya ide mengapa tak bertanya pada kakak-kakak senior saja. maka dari itu kami pun memulai penelusuran dengan bertanya melalui sms [ berhubung mereka kini sedang menjalani KKN/KKM]. daripada basa-basi ga jelas mending kita langsung aja ke hasil wawancara dadakan itu ^_^.
Tetapi sebelum lebih lanjut kita harus tau nih KK apa saja ya yang ada di Jurusan Kita Tercinta ini ?.
  • Instrumentasi Fisika
  • Fisika Komputasi
  • Fisika Material
  • Astrofisika / Fisika teori
  • Fisika Nuklir [dibagi menjadi 2 yaitu Nuklir Medis dan nuklir reaktor]
  • Fisika BumiKita mulai dengan KK Fisika Nuklir medis. [Pertanyaan ini kami tanyakan langsung dari 2 sumber ^_^]

Pertanyaan 1 : apa KK fisika yang kaka ambil dan kenapa mengambil KK tersebut?
Pertanyaan ke 2 : adakah saran dari kaka bagi kawan-kawan yang masih bingung menentukan Kelompok Keahlian yang akan dipilih ?

Nama : Wendra Aditya S

Angkatan : 2009

Saya ngambil KK Fisika Nuklir Medis, Saya tertarik di nuklir medis karna KK ini sangat dekat sekali dengan Kehidupan, berkaitan dengan kebutuhan hidup manusia dan kesehatan, apa lagi instrumen'y yang sulit dicari dan sangat mahal harganya ...! Selain itu nuklir medis sekarang sedang berkembang2'y. Saran saya buat yang masih bingung ngambil KK apa mending pilihlah bidang konsentrasi yang menurut kalian menarik, selain itu apakah anda lebih suka dibidang komputasi/ simulasi, eksperimen atau membuat alat. selain itu kalian juga pertimbangkan masalah keuangan kalian. Di Nuklir Medis bagi yang suka komputasi, ada komputasi Nuklir medis, bagi yang suka eksperimen bisa ngambil biophysics dan yang suka bikin alat bisa pilih instrumentasi nuklir medis.

nah itu dari kaka cowok'y kita tengok yuk kalo dari kaka cewe'y gimana ya ^_^
Nama : Rani Puspita
Angkatan : 2009
Saya mengambil KK Nuklir Medis alasan'y yaitu, 1. Selain belajar Nuklir Medis juga ada instrumentasinya jaua, ada komputasinya juga ... 2. kan ntr semester 7 tuh ada MatKul ZaDat (Zat Padat) dan Fisika inti... nah ZaDat lebih ke materialnya kalo inti lebih ke nuklirnya... Makanya awalnya yang jadi pilihan Ran ada dua yaitu material sama nuklir, Tapi akhirnya ke nuklir ^_^. Untuk sarannya buat adik2 sih Pilih KK sesuai Hati nu'rani' ... haha ^_^v. trus selain harus suka dulu mata kuliahnya, dosen juga pengaruhnya sangat besar ... makanya harus bener2 di pertimbangkan ...



Dari Kelompok Keahlian (KK) Fisika Nuklir Reaktor kami berhasil bertanya pada salah satu kaka senior yang dulu pernah menjabat menjadi Ketua Himasaifi, Kita langsung aja simak ...

Nama : Ridwan Ramdhani
Angkatan : 2008
Saya Mengambil Nuklir Reaktor, Karena Saat ini Nuklir menjadi perbincangan  dunia global. saran saya bagi yang masih bingung memilih KK, Harus tau kemampuan diri cocoknya di KK mana, Biar kalo ada sesuatu ga cepet mundur.




Berikutnya kita tanya yuk kaka yang ngambil KK Komputasi Fisika.

Nama : Imam Taufik
Angkatan : 2009
Saya ngambil KK Komputasi Fisika Karna emang suka pemograman, trus karna hasil istikharah juga ... dosen pengampu nya juga dahsyat weh . .S3 cuuuuuuhhhhhhhh ^_^. saran saya buat yang pada bingung seperti memilih kekasih za, yg trbaiklah, yg yakin bhwa itu adl jodoh qta, maka pilihlah. . .Apapun KK qta nanti, Ganbatte trus dah di Fisika. , .Dan ingat, tdk ada KK ya baik, semua ny adalah yg Terbaik !.




Nama : Tresna Purnama Dewi
Angkatan : 2009
Saya ngambil Fisika Komputasi karena alasannya cukup "tertarik z" cz komputasi bisa digunakan dalam segala bidang. Untuk saran pilih sesuai kata hati jangan ikut2an nantinya ga akan bener kesananya... diri kita 
yang akan ngejalanin bukan orang lain... segitu kaliii ea..heheh








Kita tengok yuk klo dari KK AstroFisika gimana ...

Nama : Yudi Fadilah
Angkatan : 2008
Saya ngambil KK Astrofisika, saya memilih KK tersebut karna saya tertarik + ingin tau tentang alam semesta yang mencakup pembentukan alam semesta itu sendiri, Model dari alam semesta, serta gerak dari benda2 langit, dan juga penerapan Fisika pada alam semesta. Saran saya untuk pertanyaan kedua yaitu KK apa juga bagus, dan ambilah KK yang sesuai dengan keinginan kita. kalau misalkan ada yang galau diantara 2 pilihan , pilihlah tapi pas belajarnya ikutan aja walaupun gak ngambil sks'y.




masih di KK yang sama namun kita tanya pada angkatan yang berbeda biar ragam ya ^_^...

Nama : Devi Erfian
Angkatan : 2009
Vi ngambil Astrofisika karna V seneng ma fenomena yang berhubungan sama alam semesta ...(Terutama luar angkasa). saran'y buat yang bingung Ambil KK sesuai ma keinginan ... Jangan Ikut2 za ,,, juga pertimbangkan potensi diri yang dimiliki.







dari yang mengenai Luar angkasa kita turun ke bumi lagi yuk hehe [ga nyambung -_-a]. 

Nama : Anis Fitri Aprilianti
Angkatan : 2008
Saya ngambil KK Fisika Bumi, Alasannya klo bicara tentang masa depan menurut teteh FisBum lebih menjanjikan, karna Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya minyak bumi, selain itu indonesia juga merupakan salah satu kawasan yang rawan gempa dan memiliki banyak gunung api... so, sepertinya orang2 FisBum sangat dibutuhkan hehe ^_^. saran teteh kalo yang masih bingung yaitu pilih yang kalian suka, dan membuat kalian penasaran... masalah susah or ngga'y itu tergantung kitanya.




Nama : Susilawati
Angkatan : 2008
Saya mengambil KK Fisika Bumi, alasannya karena suka. untuk saran cari info KK yang diminati dan salah satu caranya tanya ke Dosen. SEMANGAT ^_^.






Dari KK Fisika Bumi kita beranjak ke KK yang masih ga jauh2 dari Fisika Bumi , yaitu KK Fisika Material...

Nama : Sandra Permana
Angkatan : 2008
Saya ngambil KK Fisika Material, alasannya karena saya suka Kimia dan belajar membuat/ merekayasa bahan atau Material elektronik. Saran saya buat yang masih bingung yaitu tanya hati anda masing2, apa yang paling disukai di Fisika, Pelajari dan kembangkan. Kalo masih ragu sholat istihoroh juga gpp... : )







Nama : Nina Yunia Hasanah
Angkatan : 2009
Saya memilih KK Fisika Material karena memang pada dasarnya saya suka sama Kimia. Dulu waktu SNMPTN juga pilihan pertamanya Kimia. Kalo di Fisika Material, yang di pelajari gak hanya Kimianya tapi juga ditinjau dari analisis Fisikanya juga... Saran saya mah paling pilih aja sesuai keinginannya jangan karena alasan orang lain. Nah nanti kan ada mata kuliah pengantar untuk masing2 KK, ga ada salahnya kalo nyobain dulu ikut kuliahnya meski gak dimasukin sks, trus pilih mana yang dirasa nyaman.

Kalo dari Instrumentasi Fisika gimana ya ? yuk kita liat aja ^_^

Nama : Irfan Syafar Farouk
Angkatan : 2008
Saya memilih Instrumentasi, karena menurut saya KK Instrumentasi menuntun kita untuk menciptakan karya nyata yang bermanfaat untuk umat manusia dengan dasar2 ilmu fisika walaupun dengan keadaan seterbatas apapun seperti di UIN... : )





Nama : Handi Pandriantama
Angkatan : 2009
Yang saya ambil KK Instrumentasi ... Alasannya karena saya suka sama ngorek2 alat elektronika, walaupun pada akhirnya meleduk... hehehe... intinya ada yang di orek aja,, he,, Matakuliah yang pernah diambil semisal Elektronika dasar dll Alhamdulillah memuaskan .. itu juga kebetulan : ),, jadi saya pilih Instrumentasi.. Pokoknya buat yang mau pilih KK, pilih aja sesuai minatnya dan pehaman di bidang yang di minatinya itu lumayan, biar ga ribet belajar dari awal lagi... Insya Allah dari hobby, tiap matakuliah pilihan bukan beban yang dirasakan tapi permainan yang asik... dan jangan terpengaruh sama gosip2 yang beredar kayak Instrumentasi lulusnya lama dll... hehe,, semoga Kita SUKSES .. Amin ...



Nah itu tadi hasil dari wawancara dadak kami para Advokom ^_^ . kesimpulan yang bisa di ambil yaitu apapun KK yang di pilih Kita semua tetap satu Keluarga yaitu Keluarga FISIKA UIN Bandung . Pilihlah KK yang benar2 di inginkan bukan sekedar ikut-ikutan temen aja, lebih banyak deketin dosen biar bisa tau lebih banyak mengenai KK yang nantinya kita ambil. Dan satu lagi dari kami, Semoga Postingan yang satu ini bisa bermanfaat buat kawan-kawan semua yang masih bingung dan sedikitnya memberikan secercah informasi mengenai tiap Kelompok Keahlian .

Wassalam ....












unie kyuhyunnie Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

2 komentar: