Untuk pengguna Avast Antivirus, harap matikan dahulu untuk mengakses web ini. Terima Kasih

Minggu, 15 April 2012

GEMINOID F


Ada banyak sekali jenis robot di dunia ini, salah satunya ada robot humanoid. Robot humanoid merupakan robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki, meskipun ada pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas. Beberapa robot humanoid juga memiliki 'wajah', lengkap dengan 'mata' dan 'mulut'. salah satu robot humanoid yang canggih yaitu robot geminoid F. geminoid F merupakan robot humanoid pertama yang memiliki bentuk serta sifat yang sangat mirip dengan manusia. Geminoid F bisa merespon lingkungan di sekitarnya dengan berbagai ekspresi seperti seorang manusia, seperti tersenyum, terperangah atau tertawa. bahkan bentuk tubuh dan kulitnyapun mirip sekali dengan manusia! 


Hal tersebut dapat dilakukan berkat aktuator mekanik yang disematkan dibalik kulit karetnya. Aktuator merupakan motor yang bertanggungjawab untuk gerakan pada robot. aktuator berlaku seperti otot dan sendi, meskipun dengan struktur yang berbeda. Agar dapat mencapai efek yang sama dengan gerakan manusia, robot humanoid terutama menggunakan aktuator rotari. Mereka dapat berupa elektrik, pneumatik, hidraulik, piezoelektrik, atau ultrasonik. Pembuatan robot humanoid ini direalisasikan berdasarkan ambisi sang pembuat yang tidak lain seorang ilmuwan pembuat robot ternama asal Osaka University, Jepang, Hiroshi Ishiguro. Ishiguro mengatakan tujuannya mengembangkan Gemanoid F adalah untuk menciptakan sebuah robot yang bisa menipu banyak mata dengan menganggapnya sebagai manusia. Walau belum sepenuhnya sempurna, namun kemampuan Germanoid F dalam bernyanyi dan berbicara memukau puluhan pengunjung pameran Android Show Wind di sebuah mall di China.

Kemampuannya mengimitasi 65 expresi wajah, menirukan suara orang lain dan bahkan menyanyikan sebuah lagu jelas menggambarkan betapa teknologi bisa memiliki potensi untuk menggeser keberadaan manusia. Kedepannya, sang Profesor yang gemar mendesain robot itu berharap proyek robot yang telah menghabiskan dana hingga USD 1,2 juta itu bisa diproduksi secara masal dengan harga yang lebih murah, yakni sekitar USD 110 ribu  atau sekitar Rp 900 jutaan saja. wow, angka yang fantastis bukan? :)
bagi yang penasaran ingin melihat videonya, klik disini -> Female android Gemanoid F

*dari berbagai sumber


ica elriyashi2 Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

3 komentar: