Untuk pengguna Avast Antivirus, harap matikan dahulu untuk mengakses web ini. Terima Kasih

Rabu, 11 Juli 2012

12 Juli 1962: The Day Information Went Global



Gambar satelit Telstar 1
Telstar diluncurkan oleh NASA pada tanggal 10 Juli 1962, dari Cape Canaveral, Florida, dan merupakan sponsor pribadi pertama misi ruang-faring. Dua hari kemudian, penyampaian sinyal pertama di dunia televisi transatlantik, dari Andover Stasiun Bumi, Maine, ke Pleumeur-Bodou Telecom Center, Brittany, Perancis.

Dikembangkan oleh Bell Telephone Laboratories untuk AT & T, Telstar pertama kali aktif di dunia komunikasi satelit dan payload komersial pertama di dunia di ruang angkasa. Ini menunjukkan kelayakan transmisi informasi melalui satelit, mendapatkan pengalaman dalam pelacakan satelit dan mempelajari pengaruh sabuk radiasi Van Allen pada desain satelit. Satelit ini spin-stabil untuk mempertahankan orientasi yang diinginkan dalam ruang. Daya ke peralatan onboard yang disediakan oleh array surya, bersama dengan sistem back-up baterai.

Meskipun operasional hanya untuk beberapa bulan dan menyampaikan sinyal televisi dari durasi yang singkat, Telstar segera menangkap imajinasi dunia. Gambar pertama, orang-orang dari Presiden John F. Kennedy dan penyanyi Yves Montand dari Perancis, bersama dengan klip dari acara olahraga, gambar bendera Amerika yang berkibar ditiup angin dan gambar diam Gunung Rushmore, adalah prekursor dari komunikasi global yang hari ini sebagian besar diambil untuk diberikan.

Telstar diluncurkan pada tanggal 10 Juli 1962, dari Cape Canaveral, Florida.
Telstar dioperasikan dalam orbit rendah Bumi dan dilacak oleh stasiun bumi di Maine dan Perancis. Setiap stasiun memiliki antena microwave besar yang terpasang pada bantalan, untuk memungkinkan pelacakan satelit selama periode sekitar setengah jam dari orbit masing-masing ketika sudah di atas kepala. Sinyal-sinyal dari Telstar telah diterima dan diperkuat oleh suara rendah "maser" (Microwave Amplifikasi oleh Merangsang Emisi Radiasi), pendahulu dari laser modern. Setelah menunjukkan kelayakan konsep, selanjutnya komunikasi satelit orbit yang diadopsi jauh lebih tinggi, pada 22.300 mil di atas Bumi, di mana kecepatan satelit disamakan dengan rotasi bumi dan dengan demikian tetap muncul di langit. Selama masa hidupnya operasional, Telstar 1 difasilitasi lebih dari 400 telepon, telegraf, faksimili dan transmisi televisi. Ini dioperasikan sampai November 1962, ketika di-dewan elektronik gagal karena efek radiasi.

Sumber : www.nasa.gov
Delia Noor Wahidah Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar