Untuk pengguna Avast Antivirus, harap matikan dahulu untuk mengakses web ini. Terima Kasih

Rabu, 10 Oktober 2012

Nobel Fisika Diraih oleh Peneliti Fisika Kuantum



STOCKHOLM, KOMPAS.com - Penghargaan Nobel Fisika 2012 jatuh kepada peneliti yang melakukan riset tentang cahaya dan materi pada level yang paling fundamental, sering disebut fisika kuantum. Nobel Fisika diumumkan di Stockholm, Selasa (9/10/2012).

Serge Haroche dari Perancis dan David Wineland dari Amerika Serikat adalah dua peneliti yang berhasil menggondol penghargaan tersebut. Hasil riset keduanya membuka kemungkinan untuk mengobservasi suatu partikel tanpa menghancurkannya.

Panitia Nobel dalm situs webnya mengungkapkan, "Metode mendasar mereka memungkinkan penelitian ini menjadi langkah awal untuk mengembangkan komputer super cepat tipe terbaru berdasarkan fisika kuantum."

"Penelitian ini juga menjadi permulaan untuk mengkonstruksi jam atomik yang super tepat yang bisa menjadi standar waktu di masa depan," demikian pernyataan panitia nobel seperti dikutip AP, Selasa hari ini.

Lewat penelitiannya, Haroche dan Wineland berhasil melakukan observasi pada partikel sub atomik. Partikel tersebut sebelumnya dikatakan tidak mungkin bisa diobservasi secara langsung.

Wineland yang merupakan peneliti dari National Institute of Standards and Technology di Colorado menjebak ion, atom yang bermuatan, dan mengukurnya dengan cahaya atau foton. Sementara, Haroche melakukan hal sebaliknya, mengontrol dan mengukur foton atau partikel cahaya yang terjebak dengan mengirimkan atom.

Haroche yang berasal dari yang berasal dari College de France and Ecole Normale Superieure di Paris mengatakan bahwa ia mengetahui bahwa dirinya memenangkan nobel 20 menit sebelum pernyataan diberikan kepada media.

"Saya sedang pulang bersama istri saya saat saya membaca kode Swedia. Saya menyadari bahwa ini nyata, Anda tahu, ini sangat luar biasa," katanya seperti dikutip BBC hari ini. Haroche merasa dirinya beruntung bisa memenangkan penghargaan ini.

Penghargaan nobel diberikan sejak tahun 1901. Penghargaan diberikan kepada orang yang berjasa di bidang kedokteran, fisika, kimia, sastra, perdamaian dan ekonomi. Senin (8/10/2012), penghargaan nobel telah diberikan pada John B. Gurdon dan Shinya Yamanaka dalam bidang kedokteran.

Pemenang penghargaan nobel kimia, sastra, ekonomi dan perdamaian akan diumumkan beberapa hari ke depan. Penghargaan nobel nantinya akan diserahkan pada 10 Desember 2012, tepat pada peringatan kematian Alfred Nobel, peneliti dinamit dan inisiator penghargaan ini.
Terkait kemungkinan aplikasi hasil riset Haroche dan Wineland dalam komputer kuantum, panitia nobel menyatakan bahwa komputer kuantum akan menjadi keseharian manusia dalam abad 21 ini, menjadi sebuah revolusi, sebagaimana komputer kasik menjadi revolusi di abad 20 lalu.

Sumber: Kompas.com

Delia Noor Wahidah Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar