Untuk pengguna Avast Antivirus, harap matikan dahulu untuk mengakses web ini. Terima Kasih

Selasa, 16 April 2013

Para Ilmuwan Muda Indonesia Siap Beraksi di Ajang Dunia


Ilmuwan muda Indonesia akan beradu kemampuan di bidang riset pada ajangInternational Conference of Young Scientists(ICYS) yang siap digelar di Bali, 15-22 April 2013.

Dikutip dari Antara, para ilmuwan muda tersebut terdiri dari 12 siswa SMA yang telah diseleksi dari berbagai kabupaten-kota di seluruh Indonesia, yakni Medan, Jakarta, Bandung, Jogja, Kudus, Bali Makassar, Sengkang dan Palangkaraya.

Siswa-siswa tersebut sebelumnya juga sudah melewati proses seleksi ketat oleh tim Peneliti Belia Surya Institute dan dibina oleh para pakar bidangnya masing-masing.

"Ada ribuan peserta yang mendaftar, kira-kira ada 100 orang dari tiap provinsi yang kita seleksi," kata Ketua Tim ICYS Indonesia Syailendra Harahap saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (11/4).


Syailendra mengatakan para peserta akan mempresentasikan riset dengan latar belakang masalah di negaranya masing-masing dan memberikan solusi terkait masalah tersebut dengan cara serta sumber daya yang cocok dengan negaranya.

"Tidak seperti lomba lain yang memiliki tema khusus, ajang ini membebaskan topik penelitian dari dari para ilmuwan muda yang bertanding," katanya.

Syailendra menyebutkan akan ada enam kategori penelitian yang dipertandingkan, yakni fisika teori, fisika terapan, matematika, ilmu komputer, ilmu lingkungan dan sains kehidupan. Presentasi hasil penelitian tersebut akan diadakan selama 10 menit, kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab dengan para juri internasional selama lima menit.

"Semua kegiatan akan dilakukan secara tertutup dalam bahasa Inggris," katanya.

Dia berharap tim Indonesia bisa menampilkan yang terbaik dan mengulang kesuksesan pada 2009 yang dinotbatkan sebagai peraih medali emas terbanyak.

"Ajang ini special, karena kedua kalinya Indonesia sebagai tuan rumah tepat pada hari peringatan ICYS ke-20," katanya.

Syailendra berharap ajang tersebut membangkitkan semangat riset anak-anak muda Indonesia melalui kompetisi bergengsi yang melibatkan 182 peserta dari 23 negara Asia dan Eropa.

Ahmad Rivai Marine Oil & Gas Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar