Untuk pengguna Avast Antivirus, harap matikan dahulu untuk mengakses web ini. Terima Kasih

Senin, 14 Juli 2014

Fun Science



Fisika adalah ilmu yang mempelajari gejala yang terjadi di alam semesta ini,termasuk gejala alam yang banyak terjadi disekitar kita. Namun banyak sekali orang yang tidak menyadarinya. Bahkan banyak orang yang menganggap ilmu fisika itu ilmu yang membosankan. Itulah yang menjadi dasar Himpunan Mahasiswa Sains Fisika (HIMASAIFI) melalui Departemen Sosial (DEPSOS) ingin berbagi pengetahuan kepada siswa-siswa di Sekolah Dasar (SD), dan ingin memperkenalkan kepada siswa SD bahwa Fisika itu bukan ilmu yang menakutkan tetapi ilmu yang sangat menyenangkan. Kegiatan yang dikemas dengan metode pendekatan fenomena disekitar melalui beberapa alat ini disebut dengan Fun Science. Alat peraga yang digunakan pada kegiatan ini merupakan hasil karya mahasiswa fisika angkatan 2012 yang merupakan project Fisika Dasar 1. 
Kegiatan Fun Science dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cibiru 6 (SDN Cibiru 6), Cibiru Bandung pada hari Sabtu, 10 Mei 2014. Kepanitiaan kegiatan ini berasal dari pengurus Himpunan Mahasiswa Sains Fisika (HIMASAIFI) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung periode 2013-2014 yang telah dibentuk untuk mempersiapkan kegiatan ini agar berjalan dengan lancar yaitu sebanyak 40 orang.  Peserta dalam kegiatan ini diikuti oleh pengurus dan anggota Himpunan Mahasiswa Sains Fisika (HIMASAIFI) serta siswa-siswa kelas 4A, 4B dan 4C dari Sekolah Dasar Negeri Cibiru 6. Pengurus dan anggota HIMASAIFI yang sudah berpakaian seragam menggunakan kemeja HIMASAIFI atau Jurusan mulai berkumpul jam 07:00 WIB di Mesjid Ikomah Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan membawa alat-alat eksperimen atau percobaan yang akan dipresentasikan ke SDN Cibiru 6. Acara di mulai dari jam 10:00 WIB sampai jam 13:00 WIB. 
 Beberapa alat peraga yang digunakan pada kegiatan Fun Science ini adalah Lampu Lalu Lintas, Lampu Lava Sederhana, Miniatur Pipa Hidrolik dan Sulap Fisika. Untuk konsep didalam pelaksanaan itu sendiri adalah berbentuk persentasi alat yang dibawa dan demo cara kerja dari alat tersebut. 

Lampu Lava Sederhana
Miniatur Pipa Hidrolik

Sulap Fisika

Lampu Lalu Lintas

Persentasi pada setiap alat peraga dikemas semenarik mungkin. Hal tersebut membuat siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri Cibiru 6 sangat antusias dengan kegiatan Fun Science ini, mereka juga diberikan kesempatan untuk bertanya, menjawab pertanyaan dan memperagakan sendiri eksperimen atau alat peraga Fun Science ini. Siswa-siswa semakin antusias karena bagi yang bertanya atau berhasil menjawab pertanyaan akan diberi hadiah atau door price.
Kegiatan Fun Science ini sangat diapresiasi oleh pihak sekolah, sehingga diharapkan kegiatan ini terus berlangsung kedepannya. Selain itu dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat merubah paradigma masyarakat khususnya generasi muda dalam memandang Sains seperti Fisika. Kegiatan Fun Science ditutup dengan pemberian sertifikat kepada Sekolah Dasar Negeri Cibiru 6. Kemudian terakhir terdapat sesi foto bersama antara pengurus dan guru beserta siswa/i Sekolah Dasar Negeri Cibiru 6. 
Pemberian sertifikat kepada Sekolah Dasar Negeri Cibiru 6

Add caption
ifa nurfaizah Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar