Untuk pengguna Avast Antivirus, harap matikan dahulu untuk mengakses web ini. Terima Kasih

Selasa, 02 Juni 2015

FUN SCIENCE BERTUJUAN UNTUK MEMPERKENALKAN FISIKA DILUAR KAMPUS




Kehidupan anak tidak dapat lepas dari sains, kreativitas dan aktivitas sosial. Makan, minum, menggunakan berbagai benda yang ada di rumah seperti radio, TV, dan kalkulator tidak lepas dari sains dan teknologi. Oleh sebab itu, guru hendaknya dapat menstimulasi anak dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan sains dan teknologi. Untuk itu, seorang guru perlu mempelajari konsep-konsep keilmuan dan cara pengajarannya.
Pengenalan sains untuk anak pra sekolah lebih ditekankan pada proses dari pada produk. Untuk anak prasekolah keterampilan proses sains hendaknya dilakukan secara sederhana sambil bermain. Kegiatan sains memungkinkan anak melakukan eksplorasi terhadap berbagai benda, baik benda hidup maupun benda tak hidup yang ada disekitarnya. Anak belajar menemukan gejala benda dan gejala peristiwa dari benda-benda tersebut.
Sains juga melatih anak menggunakan lima inderanya untuk mengenal berbagai gejala benda dan gejala peristiwa. Anak dilatih untuk melihat, meraba, membau, merasakan dan mendengar. Semakin banyak keterlibatan indera dalam belajar, anak semakin memahami apa yang dipelajari. Anak memperoleh pengetahuan baru hasil penginderaanya dengan berbagai benda yang ada disekitarnya. Pengetahuan yang diperolehnya akan berguna sebagai modal berpikir lanjut. Melalui proses sains, anak dapat melakukan percobaan sederhana. Percobaan tersebut melatih anak menghubungkan sebab dan akibat dari suatu perlakuan sehingga melatih anak berpikir logis.
Dalam pembelajaran sains, anak juga berlatih menggunakan alat ukur untuk melakukan pengukuran. Alat ukur tersebut dimulai dari alat ukur nonstandar, seperti jengkal, depa atau kaki. Selanjutnya anak berlatih menggunakan alat ukur standar. Anak secara bertahap berlatih menggunakan stuan yang akan memudahkan mereka untuk berfikir secara logis dan rasional. Dengan demikian sains juga mengembangkan kemampuan intelektual anak.
Karena itu, kami mengadakan kegiatan yang bernama “FUN SCIENCE” dengan tujuan dapat memperkenalkan FISIKA diluar kampus serta untuk mempererat silaturahmi dan rasa kekeluargaan antara mahasiswa fisika dengan masyarakat. Sabtu 13 Mei 2015 merupakan waktu yang dipilih untuk melaksanakan salah satu program kerja dari Departemen Sosial  tersebut, yang menjadi sasaran tahun ini adalah SDN 6 Cibiru, berlokasi tidak terlalu jauh dari kampus kita. Kegiatan ini dimulai dengan pemberangkatan, setiba disana alhamdulillah kita disambut hangat oleh para guru maupun anak anak disana.
Yang menjadi sasaran adalah siswa kelas 4 dan 5, dengan detail kelas 4a dan 4b, juga kelas 5a dan 5b. Prosedur yang dilaksanakan adalah kami memasuki kelas per kelas dengan satu buah projek yang awalnya telah diadakan pembagian oleh panitia kepada para pemateri, satu kelompok beranggota 3 sd 4 orang, dengan memiliki satu buah projek. Adapun judul projek diantaranya dongkrak hidrolik, lampu lava sederhana, kapal uap, senter kocok, dan robot bluetooth, serta robot pengikut cahaya.
Dongkrak hidrolik yang dibuat merupakan bentuk sederhana dari mobil beko yang menggunakan prinsip kerja tekanan pada fluida. Dimana air yang berada dalam suntikan dapat membuka dan menutup capit serta mengangkat dan menurunkan lengan dongkrak. Sedangkan lampu lava menggunakan prinsip massa jenis minyak dan air. Dan potongan tablet yang dimasukan menimbulkan gas sehingga menghasilakan gelembung gelembung seperti lava gunung api.
Rangkaian acara telah selesai dilaksanakan, dilanjutkan dengan mengajak anak anak berkumpul dilantai dasar, kemudian diakukan foto bersama dan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Sains Fisika kita, yakni Rully Gumilar. Dengan terlaksanya program ini semoga sains bisa lebih dikenal bnyak orang, khususnya dikalangan anak anak, yang masih berusia dini. Amin.
           




Nenden Sukmawati Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar