Untuk pengguna Avast Antivirus, harap matikan dahulu untuk mengakses web ini. Terima Kasih

Rabu, 06 Januari 2016

SEKILAS TENTANG LAB. FISIKA MATERIAL UIN BANDUNG



     Laboratorium yang dikelola oleh Dr. Bebeh Wahid Nuryadin ini yang sekaligus menjadi dosen pembimbing, adalah salahsatu lab yang sangat diunggulkan di Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
        Dengan mengusung program besar yang sangat mulia, yaitu “Ingin Mengembangkan Laboratorium Fisikau ntuk Madrasah”. Bagaimana tidak, dengan background Islam yang dimiliki yang sang pengelola dan seluruh mahasiswa-mahasiswinya di lab material dibawah naungan UIN Bandung ini yang memang berbasis Islam. Lab material merasa bertanggungjawab untukmengembangkan laboratorium untukanak-anak yang bersekolah dimadrasah, yang dirasamasih jauh dari kata cukup.
        Tidak hanya program yang sangat mulia itu, segenap penghuni dari Lab Material inipun memunyai penelitian-penelitian luarbiasa yang sedang dikembangkan, diantaranya oleh:

    1. Fitri Rahayu
Mahasiswi tingkat akhir ini mengangkat penelitian yang berjudul “Nano Fiber” atau dalam bahasa Indonesia bias disebut “Serat Berukuran Nano”.
     2. Lits Nurhasanittaqwim A.
Teteh yang akrab disapa dengan nama “Wim” ini juga sedang duduk di tingkat akhir perkuliahan.  Dengan mengangkat judul  penelitian yang tidak main-main ini, yaitu “Material Posfor (ZnAl2O4 :Mn). Dikatakan  tidak main-main karenapenelitian ini juga yang  sedang diunggulkan oleh sang dosen pembimbing.
    3. Elis Susilawati
Dengan judul penelitian “Nano Curcumin”, teh Elis membutuhkan ukuranterkecil dari sebuahk unyit yang akan ditelitinya, bahwa mendapatkan ukuran nano darisebuah kunyit bukanlah sebuahpenelitian yang mudah. Lebih dari itu, bukan hanya perihal mendapatkan kunyit yang berukuran nano, penelitian ini merupakan studia wal dari pembuatan obat kanker. Bisa dibayangkan jika studi awal ini berlanjut, akan bagaimana hasil yang akan dicapai dari mahasiswi UIN umunya danmahasiswi Fisika khususnya.
Laboratorium kebanggaan mahasiswa dengan kelompok keahlian material inipun memili kialat-alat yang cukup mumpuni untuk menunjang penelitian mereka, diantaranya.

No.
Nama
Fungsi
Gambar
1
Magnetic Stirrer with Heater
Pengaduk dengan menggunakan magnet. Bisa juga digunakan sekaligus bersamaan sebagai pemanas, untuk larutan yang sukar larut.
 
2
Furnace
Untuk memanaskan suatu material.  Alat ini berfungsi untuk memberikanp anas yang konstan keseluruh material yang sedang dipanaskan.